Minggu, 14 Agustus 2011

Keistimewaan bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan tentunya sangat dinanti-nanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Mengapa? Karena di bulan Ramadhan yang suci ini banyak sekali keutamaan dan keistimewaan yang hanya terdapat pada bulan ini. Puasa, misalnya. Bagi mereka yang berpuasa, Allah SWT memberikan balasan yang luar biasa sebagaimana yang diceitakan dalam sebuah hadits, "Sesungguhnya di surga ada pintu yang dinamakan Ar-Rayyan, yang akan dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa pada hari kiamat nanti, dan tidak ada yang memasuki melaluinya kecuali mereka. Dikatakan: "Mana orang-orang yang berpuasa? Maka mereka berdiri, dan tidak ada yang memasukinya seorang pun kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, maka pintu itu ditutup, dan tidak ada lagi seorang pun yang masuk melaluinya." (HR. Bukhari, Muslim, At Tirmidzi, Ibnu Majah)

Keistimewaan lainnya ialah,
1. Pahala dilipatgandakan
Tahukah teman-teman, pahala amalan kita di bulan Ramadhan mampu dilipatgandakan sampai 700 kali lipat. Subhanallah. Makanya ayo berlomba dan membiasakan diri berbuat kebaikan di bulan Ramadhan ini! Jadilah pribadi yang lebih baik daripada Ramadhan tahun kemarin, karena apabila tidak, maka sesungguhnya kamu adalah orang yang merugi. Semoga kita bukan termasuk dalam golongan tersebut ya, amin :)

2. Dibuka pintu surga dan ditutup pintu neraka
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Jika datang Ramadhan, dibukalah pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syetan dibelenggu." (HR. Muslim)

3. Terdapat Lailatul Qadar
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadr: 1-5)

4. Diampuni dosa-dosa yang telah lalu
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu." (HR. Bukhari)

Akan tetapi makna 'diampuninya dosa-dosa yang lalu' adalah dosa-dosa kecil, sebab dosa-dosa besar (seperti membunuh, berzina, mabuk, durhaka kepada orang tua, sumpah palsu, dan sebagainya) hanya bisa dihilangkan dengan tobat nasuha, yakni dengan menyesali perbuatan ini, menjauhi/membencinya, dan tidak mengulanginya sama sekali. Hal ini juga ditegaskan oleh hadits berikut ini, "Shalat yang lima waktu, dari Jumat ke Jumat, dan Ramadhan ke Ramadhan, merupakan penghapus dosa di antara mereka, jika dia menjauhi dosa-dosa besar." (HR. Muslim)

Pada bulan ini juga disunatkan shalat tarawih dan perbanyak shalat malam (tahajud), untuk mengikuti jejak Nabi, para sahabat dan Khulafaur Rasyidin. Nabi SAW bersabda, "Barangsiapa mendirikan shalat malam Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah) niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. " (Hadits Muttafaq 'Alaih).

5. Allah mencintai bau mulut orang yang berpuasa dibandingkan wangi minyak kesturi pada hari Kiamat nanti.

Keistimewaan yang disediakan Allah SWT pada bulan Ramadhan merupakan bonus yang tak ternilai harganya. Bagi mereka yang mampu melaksanakannya secara mulus maka dapat meraih keistimewaan tersebut.

Adapun kiat yang paling jitu untuk meraih keistimewaan tersebut adalah dengan cara menyibukkan diri dengan berbagai macam aktivitas yang dicontohkan Rasul seperti memperbanyak infaq, meningkatkan sikap tolong menolong, memperbanyak tilawah Alquran, dan menghidupkan i'tikaf di masjid. Nah, apabila semuanya itu kita laksanakan dengan baik, maka insya Allah tidak ada lagi kesempatan syetan untuk memasuki hati manusia dan merusak kemurnian ibadah puasa kita di bulan Ramadhan. Dengan demikian kita bisa melaksanakan ibadah puasa dengan baik dan mengisi hari-harinya dengan aktivitas mulia. Amin ya Rabbal Alamiin :)

Sumber :  Penerbit

0 comments:

Posting Komentar